Terbaru

Tips Merawat Kaki di Musim Hujan

Tips Merawat Kaki di Musim Hujan - Kaki yang bersih dan mulus adalah lambang kesehatan yang baik. Ketika kesehatan seseorang bagus maka kecantikan akan muncul dari orang tersebut. Jadi menjaga kaki adalah suatu kepentingan yang harus dilakukan seseorang kapan pun, terutama pada musim hujan. Musim hujan membuat air tergenang dan sering kali membuat sandal basah ketika dipakai. Ini semuanya membuat kesehatan kaki anda bermasalah.
Tips Merawat Kaki di Musim Hujan
Orang kerapkali menggunakan sandal basah atau sandal yang tidak bersih akan bermasalah dengan kakinya, begitu juga yang kakinya selalu basah karena sering berjalan diluar rumah dimusim hujan. Kutil kaki bisa muncul dan kutu air juga menjadi mudah terjangkit. Efeknya kaki menjadi bersisik pada bagian belakang dan samping tapak kaki serta kutu air muncul dicelah-celah jari kaki, ini akan mengundang bau yang tak sedap atau bau busuk.
Ahli Kulit Dr Jamuna Pai mengatakan, "Jamur dan bakteri tumbuh pesat karena kelembaban tinggi selama musim hujan. Sehingga menimbulkan bau tak sedap pada kaki. Saat ini, kaki juga sering terkena infeksi jamur, terutama kulit di antara jari kaki," ucapnya seperti dikutip dari kecantikan.web.id.
Hal yang paling dikhawatirkan lagi adalah bukan hanya bau busuk yang timbul, tetapi juga rasa gatal pada kaki dan sela-sela jari. Akibatnya penderita akan sering menggaruk-garuk dan berimbas pada tangan kotor, aplagi mengkonsumsi makanan dengan tangan yang tidak bersih.

Maka, tips merawat kaki dimusim hujan harus diperhatikan agar kaki tetap sehat dan tidak basah kuyup. Bagi penderita diabetes ini menjadi hal yang patut diperhatikan, jangan sampai kaki penderita diabetes luka karena bisa membuat kakinya tidak pernah sembuh atau membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan.

Cara Melindungi Kaki di Musim Hujan

  1. Jangan memakai sepatu tertutup dimusim hujan dalam waktu lama
  2. Kalau kaki anda basah karena terjebak dalam genangan air, maka cuci dan keringkan
  3. Kalau anda terbiasa menggunakan kream pelembab, maka jangan gunakan pada jari kaki
  4. Gunakan bedak anti jamur di siang hari dan dimalam hari gunakan kream anti jamur
  5. Jaga kebersihan kuku, sebaiknya setiap dua minggu potong kuku jari anda, baik tangan atau kaki.

Tips Merawat Jari Kaki dengan Mudah

dr Sharmila Nai spesialis kulit, memberikan beberapa tips perawatan kaki dimusim hujan.
  1. Melakukan pengelupasan kulit yang tidak sehat dengan cara merendam kaki anda dalam air hangat yang dicampur dengan garam laut. Kemudian gosok-gosok jari kaki dengan kaki atau dengan batu apung, agar sel-sel kulit mati terkelupas
  2. Pijat kaki anda menggunakan vaselin setiap minggu 2 malam atau 3 malam. Gunakan kaus kaki katun untuk menjaga kelembaban kaki dan kebersihan, dan hindari kaus kaki basah.
Inilah beberapa tips merawat kaki di musim hujan. Semoga musim hujan ini bisa aman dari kutu air dan berbagai jamur yang menginfeksi pada jari-jari kaki anda.

0 Response to "Tips Merawat Kaki di Musim Hujan"